Jl. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung | Email : dekan.fk@fk.unila.ac.id | Telp. (0721)7691197
Previous
Next

Sejarah Prodi Sarjana Farmasi

Pendidikan Sarjana Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang direkomendasikan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia (KIFI), Komite Farmasi Nasional (KFN) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. Program Studi Sarjana Farmasi merupakan disiplin ilmu dan teknologi yang secara khusus mempelajari tentang dunia kefarmasian. Bidang ilmu yang berkaitan dengan farmasi dan dipelajari pada Program Studi Sarjana Farmasi meliputi ilmu dasar Farmasi Klinik, Farmakologi dan Farmakoterapi, Farmakognosi dan Fitokimia (Bahan Alam), Farmasetika, Teknologi Farmasi, Farmasi Industri, Farmakoekonomi dan Farmasi Analisis. Diperkuat dalam pengenalan bidang Ilmu Kedokteran seperti; Epidemiologi Penyakit, Biologi Sel dan Molekuler, Kesehatan Masyarakat, Anatomi fisiologi manusia, Agromedicine, dan Medical Basic Science yang disajikan dengan sistem kurikulum semi-Blok yang nantinya akan menunjang peminatan dan penelitian dalam bidang Farmasi. Program Studi Sarjana (S1) Farmasi memiliki keunggulan karena akan menghasilkan sarjana yang siap pakai, yang memiliki kompetensi standar KKNI sesuai Perpres RI No. 8 tahun 2012, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, dan Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi No.44 tahun 2015. Program Studi Sarjana (S1) Farmasi Unila akan didukung oleh Dosen tetap dengan kualifikasi pendidikan minimal Magister Farmasi, dan Guru Besar Profesor menganut sistem pendidikan Inter-Professional Education (IPE) yang terdiri dari Dokter, Apoteker, dan Ahli dalam bidang ilmu masing-masing.

 

 

Visi

Menjadi Program Studi Sarjana Farmasi 10 Terbaik pada Tahun 2025 dengan Kekhususan Pemanfaatan Bahan Alam terkait Agromedicine.

 

Misi

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi terkait kefarmasian yang berkualitas dengan kekhususan Pemanfaatan Bahan Alam terkait Agromedicine;
  2. Menghasilkan lulusan sarjana farmasi yang kompeten dan beretika;
  3. Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang dapat memberikan pelayanan berkualitas;
  4. Menyelenggarakan pendidikan Sarjana Farmasi yang terjangkau dan berkeadilan bagi masyarakat;
  5. Meningkatkan sumber daya manusia baik dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan berdaya saing;
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi di bidang farmasi;
  7. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak yang mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi di bidang farmasi.

 

 

 

Makrokurikulum

 

 

 

 

 

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian