Cita-cita masyarakat Lampung untuk mempunyai Lembaga Pendidikan Tinggi Kedokteran Negeri dicetuskan pada bulan November 1998, diprakarsai oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia waktu itu Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG (K) dan Gubernur Lampung waktu itu Drs. H. Oemarsono. Selanjutnya pada Desember 1998 Unila membicarakan dengan dinas/instansi terkait (Bappeda, Kanwil Kesehatan, Kanwil Depdikbud, RS dr.H.Abdul Moeloek, IDI, BKKBN danKomisi E DPRD Propinsi Lampung serta para pimpinan di lingkungan Unila) sehingga Rektor Universitas Lampung waktu itu Prof.Dr.Ir.Muhajir Utomo,M.Sc menindaklanjuti gagasan tersebut dan memberikan rekomendasi sehingga rencana pendirian Fakultas Kedokteran Unila disetujui dimasukkan dalam Rencana Strategik (Renstra) Unila 1996-2005. 

sejarah fk 2Tim persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dibentuk berdasarkan SK Rektor Unila No. 014/J26/1999 tanggal 27 Januari 1999. sebagai penanggung jawab adalah Prof. Dr. Ir. Sutopo Ghani Nugroho, M.Sc. (PR bidang Akademik pada waktu itu) dan Ketua Pelaksana Dr. Drs. Sutyarso, M.Biomed yang ditugasi menyiapkan proposal pendirian Fakultas Kedokteran Unila.

Proses persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran terus berlanjut dengan dilakukan penyempurnaan pada Tim Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran Unila berdasarkan SK Rektor Unila No. 93/J26/2001 tanggal 16 Januari 2001 tentang pembentukan Tim Teknis Persiapan Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan Penanggungjawab Prof. Dr. Ir. Tirza Hanum, MS. (PR Bidang Akademik); Ketua Bidang Akademik dr. Wahyu Purwaganda, M.Sc.; Sekretaris Dr. dr. Efrida Warganegara, M.Kes, Sp.MK.; Anggota : dr. R.E. Rizal Effendi, dr.Taufiqurrahman Rahim, SpOG, dr.Amran Harun, SpA, Dr.Sutyarso, M.Biomed, dr.Ida Fitriani Basyuni, M.Kes, dr.Asep Sukohar; Ketua bidang Kerjasama dan perencanaan fisik Prof.Dr. Ir. Sutopo Ghani Nugroho, M.Sc. dengan anggota Dr. Ida Farida Rivai, Ir. Andhi.

Pada Tanggal 20 Januari 2001 dilakukan pemaparan (ekspose) Proposal Pembukaan Fakultas Kedokteran Unila oleh Rektor dan Tim Teknis dihadapan Tim Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan di Jakarta. Hasil pertemuan ini ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama (MOU) antara Rektor Universitas Padjadjaran dan Unila dengan nomor : 36/J06/4/TU/2001 dan 1994/J26/KL/2001 pada Tanggal 16 Mei 2001 di Bandung, yang diikuti pula dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Tim Asistensi Universitas Padjadjaran dengan Tim Teknis Persiapan Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung pada Tanggal 14-15 November 2001. Tim Teknis secara aktif juga melakukan berbagai ekspose tentang FK Unila ke Pemda dan DPRD Propinsi Lampung serta Pemda dan DPRD Kabupaten/ Kota se Propinsi Lampung untuk mendapatkan dukungan. Selanjutnya dilakukan revisi susunan Tim Teknis karena kepindahan Ketua Bidang Akademik (dr.Wahyu Purwaganda,M.Sc.) ke Jakarta sehingga Ketua Bidang Akademik dilimpahkan kepadaDr. dr. Efrida Warganegara, M.Kes, Sp.MK. dengan sekretaris dr.Ida Fitiati Basyuni, M.Kes. berdasarkan SK Rektor No 22/J26/2002 Tanggal 1 Maret 2002.

Berdasarkan saran Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan (KDIK) dalam hal ini yang berperan Prof.Dr.Asri Rasyad dan Prof. Dr. Ma’rifin Husin, maka Tim Teknis Persiapan  Fakultas Kedokteran Unila menyelenggarakan serangkaian kegiatan Lokakarya / Rapat Kerja yaitu : Rapat Kerja I Tanggal 8-9 April 2002 yang membahas tentang Rencana Kurikulum PSPD Unila; Rapat Kerja II Tanggal 6-7 Mei 2002 yang membahas tentang Rencana Pengembangan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang; Lokakarya Kurikulum Semester I dan II untuk mata kuliah preklinik; dan Rapat Kerja III Tanggal 17-18 Juli 2002 yang membahas tentang Rencana Persiapan Pembukaan Program Pendidikan Dokter Unila. Sebagai hasil Rapat Kerja I, maka ditetapkan bahwa kurikulum Fakultas Kedokteran Unila mempunyai kekhasan dan ciri khusus adalahKedokteran Keluarga.

sejarah fk 1Pada Tanggal 24 Juni 2002 telah disampaikan Proposal Studi Kelayakan Program Studi Pendidikan Dokter Unila sesuai dengan persyaratan pada SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.198/DIKTI/Kep/2001 Tanggal 30 April 2001. Secara gigih Unila mencari dukungan dari pemerintah daerah sehingga didapat dukungan tertulis dari Pemerintah Daerah dan DPRD Propinsi Lampung serta Kabupaten/Kota se Propinsi Lampung yang secara konkrit siap mendukung dana untuk pengembangan Fakultas Kedokteran Unila selama 5 tahun sejak Tahun 2001/2002. Dalam proses permohonan izin operasional Program Studi Pendidikan Dokter Unila dari Dirjen Dikti, Unila menugasi Ir.R.A.Bustomi Rosyadi, MS yang secara intensif melakukan konsultasi ke Dirjen Dikti. Akhirnya izin operasional Program Studi Pendidikan Dokter dari Dirjen Dikti diberikan pada rapat tanggal 25 Oktober 2002 dan diterbitkan SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.3195/D/T/2002 Tanggal 28 Oktober 2002. Selanjutnya Unila menyiapkan penerimaan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan Pertama Tahun Akademik 2002/2003. Berita ini disambut gembira oleh seluruh masyarakat Lampung baik yang berada di Propinsi Lampung maupun yang berada di luar Propinsi Lampung.

Pada awal berdirinya, PSPD Unila dikelola oleh Panitia Persiapan Fakultas Kedokteran (PPFK) yang diketuai oleh Dr. Dr. Efrida Warganegara, M.Kes.,Sp.MK., dan dibantu oleh 3 sekretaris, yaitu Bidang Akademik (Sekretaris I) dr. Taufiqurrahman Rahim, Sp.OG, Sekretaris Umum, Keuangan dan Kepegawaian (Sekretaris II) dr. RE. Rizal Effendi dan Sekretaris Bidang Kemahasiswaan (Sekretaris III) dr. Amran Harun, Sp.A. Pada bulan februari 2011 melalui Surat Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam nomer B/439/M.PAN-RB/02/2011 tanggal 16 februari 2011 berubahlan status Persiapan Fakultas kedokteran menjadi  Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Saat ini FK Unila di pimpin oleh Dekan Dr. Sutyarso, M.Biomed dan di bantu oleh para pembantu dekan yaitu Pembentu Dekan I : dr. Muhartono, M.Kes, Sp.PA, Pembantu dekan II : dr. Susianti,M.Sc dan Pembantu Dekan III : dr. H.M. Masykur Berawi, Sp.A.