Go Nasional dan Internasional, Penelitian dan Pengabdian FK Unila

Go Nasional dan Internasional, Penelitian dan Pengabdian FK Unila

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat termasuk tugas dosen di dalam tri dharma perguruan tinggi selain pendidikan. Hari ini, Rabu (29/3/2017) diadakan pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian oleh Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila). Acara yang dimulai pukul 08.00 ini dipandu oleh pembawa acara dari Dosen Bagian Biokimia yaitu dr. Evi Kurniaty, M.Sc. Seluruh Dosen FK Unila turut diundang di acara yang di awali laporan oleh WD2 Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes. kemudian dibuka secara resmi oleh Dekan FK Unila Dr. dr. Muhartono, S.Ked., M.Kes., Sp.PA.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sekitar 30 orang dosen FK Unila. Sebelum acara dimulai oleh pemateri, acara ini didahului dengan doa yang dipimpin oleh dr. Ryan Falamy. Materi pertama dimulai dengan “Pengarahan (overview) penelitian di Unila dan kemenristekdikti” yang disampaikan langsung oleh Ketua LPPM Unila Bapak Warsono, Ph.D. Skema dan penduan penelitian dan pengabdian masyarakat secara umum disampaikan dengan baik oleh Profesor yang juga pernah menjabat sebagai Dekan FMIPA Unila.

Penyusunan Proposal Penelitian disajikan sebagai materi kedua yang disampaikan oleh Prof. Suharso. Peserta pelatihan sangat antusias dengan materi yang disampaikan secara apik oleh profesor yang pernah meraih dosen peneliti terbaik tahun 2015 ini. Antusias peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada materi kedua yang dimoderatori oleh dr. Khairunnisa, M.Kes., AIFO. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana tips dan trik agar hasil penelitian yang telah dibuat dapat di publish dalam jurnal Internasional yang ter-indeks scopus. Sebelum istirahat, sholat dan makan, Ibu Dr. Dyah Wulan Sumekar RW, S.KM., M.Kes. selaku ketua pelaksana kegiatan ini, memaparkan sedikit tentang skim proposal penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan FK Unila.

Materi terakhir dilanjutkan kembali pada pukul 13.00, disampaikan langsung oleh dua pemateri yaitu Dr. Ir. Erwanto dan Dr. Yuniar Aviati. Materi terakhir ini membahas tentang penyusunan proposal pengabdian masyarakat. Dua pemateri ini merupakan dosen fakultas pertanian yang sangat aktif dibidang pengabdian masyarakat. Pemaparan materi yang menyeluruh dimulai dari pendahuluan tentang pengabdian masyarakat sampai contoh aplikatif yang dapat diajukan para dosen di bidang kesehatan pun disajikan.

Dosen FK Unila kedepan diharapkan tidak hanya jago kandang, namun dapat memberikan sumbangsih dibidang penelitian maupun pengabdian dengan publish jurnal internasional ataupun dengan memenangkan kompetisi program pengabdian masyarakat yang di adakan oleh kemenristekdikti, tutur Dekan FK Unila dalam sambutannya di awal acara. Acara ini diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri setiap akhir sesi diskusi dan ditutup dengan doa pada pukul 15.30 yang dipimpin oleh Bapak Sutarto, S.KM., M.Epid. [rf]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *