Workshop: Reflection on Teaching in Clinical Setting – PEPKI VIII

Workshop: Reflection on Teaching in Clinical Setting – PEPKI VIII

BANDARLAMPUNG, Gedung B FK Unila — Pada pukul 13:30 telah diadakan Workshop: Reflection on Teaching in Clinical Setting yang dibuka oleh dr. Ade Yonata, M.MolBiol, Sp.Pd sebagai moderator dan dr. Ashokka Balakrishnan MBBS MD, FANZCA, MHPE dari National University Singapore sebagai pemateri. Sebelum acara dimulai, pemateri melakukan sesi ramah-tamah terhadap 21 peserta dan sharing mengenai metode pengajaran di masing-masing fakultas.

dscn0419

Workshop dibuka oleh dr. Ade Yonata, M.MolBiol, Sp.Pd

 

dscn0414

dr. Ashokka Balakrishnan MBBS MD, FANZCA, MHPE sebagai pemateri

Selama workshop ini, peserta diharapkan memahami apa itu clinical reasoning dalam metode pengajaran sehingga dalam praktiknya, mahasiswa yang diajarkan mampu memahami penyakit dan membuat diagnosis yang tepat dengan cepat. Terdapat 4 perspektif yang akan dibahas dalam clinical reasoning yaitu mahasiswa, pengajar, kurikulum, dan pasien. Selanjutnya peserta membuat 4 grup berdasarkan perspektif tersebut, berdiskusi mengenai perspektif masing-masing grup sebelum tahun 2005 dan setelah tahun 2005, lalu mempresentasikan hasil diskusi.

dscn0437

Diskusi grup 1

dscn0433

Diskusi grup 2

dscn0443

Presentasi kelompok 4

dscn0457

Presentasi kelompok 3

Dengan metode pembandingan seperti ini, diharapkan masing-masing aspek dapat merefleksikan kelebihan dan kekurangannya. Workshop ini ditutup dengan menonton video,penjelasan mengenai macam-macam metode dan langkah mengembangkan clinical reasoning dan tanya-jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *