Workshop: Pelatihan Penguji OSCE – PEPKI VIII

Workshop: Pelatihan Penguji OSCE – PEPKI VIII

BANDARLAMPUNG, Gedung B FK UNILA — Worskhop Pelatihan Penguji OSCE merupakan salah satu rangkaian acara dalam Pertemuan dan Ekspo Pendidikan Kedokteran Indonesia (PEPKI) VIII yang diselenggarakan oleh FK Unila. Acara ini di awali dengan registrasi peserta yang berjumlah 35 orang dan dimulai pada pukul 08:30 WIB. Acara ini dibuka oleh dr. Oktadoni Saputra, M.MedEd dan beliau menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kualitas para penguji OSCE UKMPPD.

img-20161028-wa0005

Kondisi peserta saat workshop

dr. Cholis Abrori, M.Kes, M.Pd.Ked, salah satu panitia UKMPPD pusat bagian manajemen ujian, memulai materi dengan ramah-tamah dan pre-test. Sesi 1 berjudul ‘OSCE sebagai Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter’ memaparkan secara umum gambaran OSCE UKMPPD dari pengertian umum, kompetensi yang harus dilakukan oleh mahasiswa, komponen ujian, hingga teknis ujian.

20161028_093038

dr. Cholis Abrori, M.Kes, M.Pd.Ked dari FK Universitas Jember sebagai pemateri workshop.

Sesi 2 berjudul ‘Blueprint OSCE’ memaparkan mengenai kisi-kisi soal yang akan diujikan saat ujian yang diambil dari SKDI serta bagaimana alur pembuatan soal. Setelah itu dilanjutkan diskusi tanya-jawab yang dimoderatori dr. Oktadoni Saputra, M.MedEd. Kemudian dilanjutkan ke sesi 3 yang membahas ‘Menjadi Penguji OSCE Nasional’, sehingga diharapkan agar para peserta dapat menjadi penguji OSCE yang baik dan benar. Materi terakhir, sesi 4, membahas mengenai ‘Standard Setting OSCE’ yang menjelaskan metode penentuan batas lulus OSCE.

20161028_133215

Simulasi OSCE PEPKI VIII

Acara ini ditunda dengan istirahat sholat dan makan, lalu akan dilanjutkan kembali dengan sesi simulasi pada pukul 13.00 WIB sekaligus menjadi penutup dalam workshop ini. Simulasi OSCE bertujuan agar dalam praktiknya penguji OSCE lebih memahami mekanisme dan pelakasaan yang baik dan benar yang terdiri dari penguji, probandus, dan peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *