Tutorial Mengaktifkan Email Resmi @fk.unila.ac.id

Tutorial Mengaktifkan Email Resmi @fk.unila.ac.id

Halloo semua..

Sebelumnya jika dalam posting ini banyak terdapat kekeliruan kami mohonkan masukannya. Apalagi penulis basisnya bukan ahli IT, masih newbie juga di bidang IT namun dikarenakan rasa memiliki dan tanggung jawab untuk mengembangkan bidang teknologi informasi di FK Unila, penulis merasa perlu membuat tutorial ini. Selain dalam rangka menaikkan ranking webometric web fakultas, mengenalkan website official Fakultas, membudayakan budaya IT serta nantinya juga akan mendapat beberapa manfaat jika kita menggunakan email resmi (sebutan saya untuk email dengan domain @fk.unila.ac.id contoh : oktadoni.saputra@fk.unila.ac.id) tersebut.

Kali ini saya mau coba bikin tutorial untuk mengaktifkan email resmi untuk para dosen dengan domain @fk.unila.ac.id. Beberapa waktu yang lalu beberapa teman menanyakan, “Bagaimana sih biar email kita belakangnya @fk.unila.ac.id?” Sebelum kita ke langkah-langkah mengaktifkannya kita perlu tahu dulu tentang email tersebut.

Email dengan domain belakangnya “ac.id” (Kepanjangan = academic.indonesian) merupakan domain untuk situs atau laman institusi akademik yang ada di Indonesia, biasanya universitas-universitas seperti http://fk.unila.ac.id, fk.ugm.ac.id, fk.ui.ac.id dll. Domain ini akan menginduk ke domain universitas dan akan menaikkan webometric laman universitas tersebut. Artinya kita perlu menggunakan email dengan domain resmi tersebut untuk segala aktivitas-aktivitas akademik kita untuk meningkatkan ranking webometric universitas maupun fakultas tempat kita bekerja. Email resmi ini seringkali digunakan sebagai korespondensi penulis dalam tulisan artikel-artikel ilmiah yang dipublish di jurnal-jurnal ilmiah.

Syarat dan Manfaat akun email @fk.unila.ac.id

Email dengan @fk.unila.ac.id ini merupakan alias dan sebenarnya adalah berbasis gmail. email ini merupakan kerjasama UPT TIK (dulunya puskom) unila dengan google dalam hal ini gmail. Syarat mutlak untuk bisa mengaktifkan email ini adalah KITA HARUS MEMPUNYAI LOGIN SSO. artinya kita harus tercatat sebagai civitas akademika unila kemudian mendaftarkan diri ke UPT TIK untuk mendapatkan login SSO (Single Sign On)

Manfaat yang kita dapatkan denga mengaktifkan email resmi ini ada beberapa hal, dikarenakan email ini akun untuk civitas institusi pendidikan maka :

1). Kita mendapatkan Kapasitas Ruang Penyimpanan Lebih Besar serta

2). Kontak yang terintegrasi ke seluruh sivitas akademika FK Unila. Kita tidak perlu repot mencari email dosen unila yang lain. cukup dengan ketik nama depannya maka akan ada tampilan pilihan nama dosen yang diinginkan.

TUTORIAL MENGAKTIFKAN

Oke selanjutnya langsung saja kita mulai tutorial cara mengaktifkan email @fk.unila.ac.id tersebut

  1. Buka Internet –> Browser Modzilla Firefox (diharapka update terbaru) dan Login SSO Anda. Jika tidak bisa masuk ke laman login sso bisa ketik : sso.unila.ac.id atau Portal Single Sign On (SSO) (https://captiveportal-login.unila.ac.id) atau ketik sembarang di kolom search –> anda akan di redirect ketika berada di wifi kampus/unila. Jika anda berhasil sebagaimana tampilan berikut :
  2. Login SSO
  3. Klik Login. Anda kemudian akan di redirect ke pop-up notifikasi login sso yang berhasil kemudian akan di redirect ke laman aplikasi google http://apps.unila.ac.id/ . Jika tidak otomatis, maka ketik saja http://apps.unila.ac.id/ dan enter. Jika berhasil sebagaimana tampilan berikut :
  4. apps google
  5. Aplikasi google ini, mempunyai beberapa kelebihan dan terbilang cukup lengkap. kita bisa menggunakan google.docs, google calender, google drive serta virtual class untuk digunakan di lingkungan Unila. Nah yang kan kita pakai sekarang adalah alikasi gmailnya. Untuk emailnya tersebut :  Lihat Logo “Email/Gmail” di pojok kiri atas sebelah logo UPT TIK Unila. Kemudian Klik maka akan muncul tampilan login email sso sekali lagi sebagaimana gambar berikut
  6. Login email sso
  7. Masukkan sekali lagi login sso kamu. Kali ini login dipakai untuk membuka email @fk.unila.ac.id kita.
  8. jika berhasil, maka akan masuk ke inbox alamat email kita. Biasanya username login email kita sama dengan username sso kita yaitu “namadepan.namabelakang” sedangkan password sama dengan password sso kita masing-masing. Sedangkan alamat email kita adalah namadepan.namabelakang@fk.unila.ac.id contoh alamat email saya : oktadoni.saputra@fk.unila.ac.id (perhatikan ada tanda titik “.” pemisah nama depan dengan nama belakang ya!!). Jika ingin cek silahkan klik lambang huruf email kita di pojok kanan atas sebagaimana tampilan berikut :
  9. fk.unila.ac.id
  10. Jika sudah ada tampilan seperti diatas berarti anda sudah berhasil login di email sso @fk.unila.ac.id anda
  11. Coba di tes mengirim email dari- atau ke- email yang lain atau jka berhasil pesan akan masuk ke email anda!!
  12. Selanjutnya mungkin anda perlu mensetting email di gadget android anda untuk beberapa akun email yang digabung menjadi satu. coba dipelajari di link ini.. Terimakasih
  13. SELAMAT MENCOBA..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *