FK Unila adakan Pelatihan Etik Dasar Bersertifikat Nasional

FK Unila adakan Pelatihan Etik Dasar Bersertifikat Nasional

FK Unila (2/10/2015). Siang itu bertempat di Ruang Teleconference, Jum’at (2/10) siang sehabis sholat Jum’at, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) melalui Komisi Etik Penelitian FK Unila menyelenggarakan Pelatihan Etik Dasar dalam Penelitian Kesehatan. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Komisi Etik FK Unila dalam rangka meningkatkan Mutu Penelitian Kesehatan di Wilayah Lampung khususnya di FK Unila.

Diikuti oleh hampir 50 orang peserta yang terdiri dari unsur pimpinan, dosen, karyawan dan para penggiat penelitian kesehatan di FK Unila. Kegiatan ini merupakan kerjasama FK Unila dengan Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (KNEPK-BPPK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang juga selaku pembicara/ narasumber pelatihan. Adapun narasumber terdiri dari 3 orang pembicara : Hernawan Riski, Ssi, Dr.Ir.Insiwari, M.Kes serta Drh. Endi Ridwan, M.Sc

Pelatihan Etik Dasar tersebut seyogyanya akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari jum’at dan sabtu tanggal 2-3 oktober 2015. Ruang yang bercat krem tersebut tampak ramai dengan para dosen yang juga peneliti di FK Unila. Diawali dengan pembukaan oleh MC yang berseragam ungu, acara dibuka dengan pembacaan laporan kegiatan oleh ketua panitia, dr. Agustyas Tjiptaningrum, Sp.PK yang juga merupakan ketua Komisi Etik Penelitian FK Unila yang dilanjutkan oleh sambutan dari unsur pimpinan yang dalam hal ini disampaikan oleh Dr.dr. Asep Sukohar, M.Kes selaku wakil dekan 1 bidang akademik dan kerjasama.

“Selamat Datang di Bumi Ruwajurai buat para narasumber, mudah-mudahan berkesan. Nanti jika ada kesempatan kita lihat Gajah Lampung” seloroh dr.Asep. “Mudah-mudahan peserta bisa memenuhi absensi agar mendapatkan sertifikat. Kegiatan ini penting dalam rangka meningkatkan mutu penelitian di FK Unila” pesan dokter yang kental dengan logat Sunda-nya ini.

Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu terus dikembangkan dan digalakkan guna meningkatkan mutu semua lini penelitian di FK Unila. Kegiatan serupa pada unit lainnya perlu juga digalakkan guna meningkatkan kompetensi dosen maupun untuk mempertahankan Akreditasi “A” FK Unila saat ini <ods-red>

Foto-foto kegiatan :

20151002_132803 20151002_134553 20151002_134609

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *