Menkes RI beri kuliah umum di FK Unila

Menkes RI beri kuliah umum di FK Unila

Semarak itulah kondisi yang paling sesuai menggambarkan kuliah umum Menteri Kesehatan RI yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) kemarin (5/9/2015). Kuliah umum yang berjudul “Penguatan Sistem Kesehatan Untuk Mewujudkan Indonesia Sehat” dikemas dalam suasana ilmiah namun dibumbui dengan suasana kekeluargaan yang santai. Penyambutan diawali dengan tarian sigeh pengunten (siger penguntin) yang merupakan tarian khas Lampung untuk penyambutan tamu agung serta alunan lagu oleh kelompok paduan suara Mahasiswa FK Unila. Kehadiran Ibu menteri kesehatan Prof. Dr. dr. Nila DJuwita F. Moeloek, Sp.M. (K) merupakan suatu kehormatan bagi FK Unila yang akan memperingati dies natalis FK unila yang ke 13 pada 28 oktober mendatang.

IMG-20150905-WA0005

Dalam kuliah umum ini, bu menteri yang juga didampingi oleh sang suami yang merupakan “Pioneer” dan pendiri FK Unila, Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG (K). Ibu Menteri menyampaikan banyak permasalahan khususnya dibidang kesehatan yang dihadapi oleh Indonesia seperti tingginya biaya pembiayaan kesehatan, kurangnya tindakan preventif dan promotif serta masalah gizi dan bahkan sampai masalah kekurangan air bersih di wilayah Indonesia Timur.

Saya bahkan sampai saat ini tidak pernah membuang sisa air kemasan yang saya minum jika teringat betapa banyak air bersih yang terbuang sia-sia sedangkan mereka disana kekurangan air” Ujar ibu yang berseragam hitam-hitam ini berujar. Selanjutnya bu Nila (sapaan akrab beliau) menambahkan kondisi kesehatan di Indonesia saat ini belum sepenuhnya baik masih ada PR besar yang harus segera diselesaikan. Pola penyakit yang berubah dari penyakit menular menjadi penyakit yang tidak menular menimbulkan paradigma baru dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Pemerintah sendiri tentunya tidak tinggal diam dengan kondisis ini, langkah-langkah strategis telah ditempuh dengan membuat skala prioritas. Adapun prioritas pemerintah antara lain meningkatkan kewaspadaan pada daerah terpencil dan perbatasan serta penguatan dibidang kesehatan meliputi sarana dan prasarana, SDM dan lain-lain.

Sesekali peserta kuliah umum yang terdiri dari mahasiswa dan tamu undangan dibuat tertawa ketika Ibu Menteri menyampaikan lelucon ditengah kuliah berlangsung. Di akhir sesi bu Menkes berpesan agar para mahasiswa baru FK Unila ini kelak menjadi dokter yang baik serta menjadi pejuang-pejuang kesehatan yang rela mengabdi bagi nusa dan bangsa serta ikut bersinergi mensukseskan program program kesehatan pemerintah terkait dengan pemerataan serta peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Tak terasa lebih dari satu jam kuliah berlangsung yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Di sesi ini terlihat peserta begitu antusias memberikan pertanyaan mengenai materi maupun diluar materi. Akhirnya kuliah umum ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Dekan FK unila dr. Muhartono, M.Kes., Sp.PA dan disambung dengan foto bersama antara Ibu menteri dan tamu undangan.

Akhirnya semoga event-event seperti ini dapat secara rutin diselenggarakan, memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa baru, membawa kemajuan bagi institusi serta memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas.<HSP; ODS>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *