Kuliah Umum Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG(K) Dalam Rangka Dies Natalis FK Unila ke-13

Kuliah Umum Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG(K) Dalam Rangka Dies Natalis FK Unila ke-13

20150615_105502 RESIZE

Bandar Lampung, Senin, 15 Juni 2015.

“Berfikir Holistik, Bukan Linier”, inilah tajuk kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG(K). Acara kuliah umum ini merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis FK Unila yang ke-13. Dalam kuliah tersebut, Profesor yang sempat menjadi menteri kesehatan pada era Presiden Soeharto dan Presiden B.J Habibie ini menyampaikan bahwa dalam memandang masalah kesehatan di Indonesia ini kita harus berfikir secara menyeluruh dan melihat dari berbagai aspek, bukan hanya memandangnya secara linier. Beliau memberikan salah satu contoh yaitu pemberantasan penyakit kecacingan di Indonesia. Pemberian obat cacing pada masyarakat tidak akan menyelesaikan masalah. Namun, dengan memberikan edukasi pada masyarakat, pembinaan dan campur tangan langsung pemerintah seperti program “lantainisasi” pada rumah-rumah yang masih beralaskan tanah dapat memberikan hasil yang nyata bila dibandingkan dengan hanya memberikan obat cacing. Itulah yang dinamakan berfikir holistik.

Acara Kuliah Umum yang berlangsung di ruang kelas 2014 tersebut dihadiri oleh Rektor Unila,Jajaran Pimpinan FK Unila Perwakilan RSUD Abdul Moloek, Perwakilan Dinas Kesehatan, para dosen, dan seluruh civitas akademika FK Unila. Kuliah umum tersebut berjalan dengan penuh atensi namun santai.

Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG(K) sendiri merupakan salah satu pemrakarsa berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Profesor yang aktif menjadi salah satu guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini, bersama dengan Gubernur Lampung pada saat itu Drs. H. Oemarsono, dan Rektor Unila pada saat itu Prof.Dr.Ir.Muhajir Utomo,M.Sc, dengan segala daya dan upaya akhirnya berhasil mewujudkan cita-cita masyarakat Lampung untuk memiliki suatu Program Studi Pendidikan Dokter. Program Studi Pendidikan Dokter Unila sendiri terbentuk pada tanggal 28 Oktober 2002, dan menjadi hari lahirnya Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

author: RKN

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *