PEDOMAN PENULISAN JURNAL FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

PEDOMAN PENULISAN

JURNAL FK UNILA RAGOM GAWI

 

 BATAS PENERIMAAN NASKAH ADALAH TANGGAL 14 JULI 2011

Jurnal FK Unila Ragom Gawi adalah publikasi per semester yang menggunakan sistem seleksi peer-review dan Tim redaksi. Naskah diterima oleh redaksi, mendapat seleksi validitas oleh peer-reviewer, serta seleksi dan pengeditan oleh redaksi. Jurnal FK Unila Ragom Gawi  menerima artikel penelitian asli yang berhubungan dengan dunia kedokteran, kesehatan masyarakat, ilmu dasar kedokteran, baik penelitian epidemiologi maupun laboratorium, artikel tinjauan pustaka,laporan kasus, artikel penyegar ilmu kedokteran dan kesehatan, advertorial, petunjuk praktis, serta editorial. Tulisan merupakan tulisan asli (bukan plagiat) dan sesuai dengan kompetensi sarjana kedokteran.

 

Kriteria artikel

 

  1. Penelitian asli: hasil penelitian asli dalam ilmu kedokteran, kesehatan masyarakat, ilmu dasar kedokteran. Format terdiri dari judul penelitian, nama dan lembaga pengarang, abstrak, dan teks (pendahuluan, metode, hasil, pembahasan/diskusi, kesimpulan, dan saran).

 

  1. Tinjauan pustaka: tulisan artikel review/sebuah tinjauan terhadap suatu fenomena atau ilmu dalam dunia kedokteran dan kesehatan, ditulis dengan memperhatikan aspek aktual dan bermanfaat bagi pembaca.

 

  1. Laporan kasus: artikel tentang kasus yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Artikel ini ditulis sesuai pemeriksaan, diagnosis, dan penatalaksanaan sesuai kompetensi dokter umum dan dokter muda.

Format terdiri dari pendahuluan, laporan, pembahasan, dan kesimpulan.

 

  1. Berita kegiatan di lingkungan FK Unila termasuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

Petunjuk Bagi Penulis

  1. Jurnal FK Unila Ragom Gawi hanya akan memuat tulisan asli yang belum pernah diterbitkan pada jurnal lain.

 

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar, jelas, lugas, serta ringkas. Naskah diketik di atas kertas A4 dengan dua (1,5) spasi, kecuali untuk abstrak satu (1) spasi. Ketikan tidak dibenarkan dibuat timbal balik. Ketikan diberi nomor halaman mulai dari halaman judul. Batas atas, bawah, kiri dan kanan setiap halaman adalah 2.5 cm. Naskah terdiri dari minimal 3 halaman dan maksimal 15 halaman.

 

  1. Naskah harus diketik dengan komputer dan harus memakai program Microsoft Word. Naskah dikirim melalui email ke alamat jurnal_ragomgawi@yahoo.com dengan menyertakan identitas penulis beserta alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

 

  1. Untuk keseragaman penulisan, khusus naskah Penelitian asli harus mengikuti sistematika sebagai berikut:
  1. Judul karangan (Title)
  2. Nama dan Lembaga Pengarang (Authors and Institution)
  3. Abstrak (Abstract)
  4. Naskah, yang terdiri atas:
  • Pendahuluan (Introduction)
  • Metode (Methods)
  • Hasil (Results)
  • Pembahasan (Discussion)
  • Kesimpulan
  1. Daftar Pustaka (Reference)

 

  1. Untuk keseragaman penulisan, khusus naskah Tinjauan pustaka harus mengikuti sistematika sebagai berikut:
  1. Judul
  2. Nama penulis dan lembaga pengarang
  3. Abstrak
  4. Naskah (Text), yang terdiri atas:
  • Pendahuluan (termasuk masalah yang akan dibahas)
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  1. Daftar Rujukan (Reference)

 

  1. Judul ditulis dengan huruf besar, dan bila perlu dapat dilengkapi dengan anak judul. Naskah yang telah disajikan dalam pertemuan ilmiah nasional dibuat keterangan berupa catatan kaki.

 

  1. Nama penulis yang dicantumkan paling banyak enam orang, dan bila lebih cukup diikuti dengan kata-kata: dkk atau et al. Nama penulis harus disertai dengan asal fakultas penulis. Alamat korespondensi ditulis lengkap dengan nomor telepon dan email.

 

  1. Abstrak harus dibuat dalam bahasa Inggris serta bahasa Indonesia. Panjang abstrak tidak melebihi 200 kata dan diletakkan setelah judul makalah dan nama penulis.

 

  1. Kata kunci (key words) yang menyertai abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kata kunci diletakkan di bawah judul setelah abstrak. Tidak lebih dari 5 kata, dan sebaiknya bukan merupakan pengulangan kata kata dalam judul.

 

  1. Kata asing yang belum diubah ke dalam bahasa Indonesia ditulis dengan huruf miring (italic).

 

  1. Tabel

Setiap tabel harus diketik 2 spasi. Nomor tabel berurutan sesuai dengan urutan penyebutan dalam teks. Setiap tabel diberi judul singkat. Tempatkan penjelasan pada catatan kaki, bukan pada judul. Jelaskan dalam catatan kaki semua singkatan tidak baku yang ada pada tabel, jumlah tabel maksimal 6 buah.

 

 

  1. Gambar

Gambar sebaiknya dibuat secara profesional dan difoto. Gambar harus diberi nomor urut sesuai dengan pemunculannya dalam teks, jumlah gambar maksimal 6 buah.

 

  1. Metode statistik

Jelaskan tentang metode stastistik secara rinci pada bagian metode. Metode yang tidak lazim ditulis secara rinci berikut rujukan metode tersebut.

 

  1. Ucapan terima kasih

Batasi ucapan terimakasih pada para profesional yang membantu penyusunan makalah, termasuk pemberi dukungan dana, dan dukungan umum dari suatu institusi.

 

  1. Daftar pustaka

Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan metode Harvard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *